Jelaskan Aliran yang Terdapat Dalam Senam Irama

Jelaskan Aliran yang Terdapat Dalam Senam Irama! Senam Irama atau disebut dengan senam modern ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat.

Adapun alat yang sering digunakan adalah gada, tongkat, simpai, tali, pita, selendang, dan lain sebagainya. Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menyatukan rasa seni rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak.

Berikut 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya :
 Senam irama yang berasal dari seni sandiwara

Aliran ini dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi ia belum berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah yang pertama-tama menciptakan system senam irama.

Senam irama yang berasal dari seni musik

Aliran ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, seorang guru music yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan music dari pada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai.

Senam irama yang berasal dari seni tari

Aliran ini dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 – 1958. Ia berpendapat bahwa senam irama mengandung: Dressur dan Prestasi olahraga.

Manfaat Senam Irama
  1.  Dapat membakar lemak berlebihan dalam tubuh
  2. Meningkatkan daya tahan jantung
  3. Merupakan suatu program penurun berat badan
  4. Memperbaiki penampilan otot paha,lengan, pinggang perut dan dada

Beri Tanggapan