Apa Yang Dimaksud Sistem dan Prosedur Penggunaan Dana Perusahaan?

Apa yang Dimaksud Sistem dan Prosedur Penggunaan Dana Perusahaan? – Didalam suatu perusahaan, manajemen selalu dihadapkan pada masalah bagaimana mempergunakan dana yang ada dengan sebaik-baiknya, jadi berkaitan dengan penggunaan dana agar sasaran perusahaan bisa dicapai dan bagaimana mendapatkan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan dan peluan (opportunity) yang dihadapi perusahaan, jadi lebih berkaitan pada sumber dana.

Oleh karena itu sebagai pelengkap laporan keuangan kita sebaiknya menyusun pula laporan sumber dan penggunaan dana. Dengan demikian kita bisa mengetahui apakah perusahaan sedang berkembang atau mengalami masalah dalam dana.

Disamping itu kita bisa mengetahui bagaimana manajemen selama satu periode mempergunakan dana perusahaan dan dari mana saja dana itu di dapatkan.

Kalau kita melihat posisi keuangan perusahaan pada satu periode (Neraca), maka jelaslah bahwa:

  1. Dana yang diperoleh perusahaan pertama-tama berasal dari investor/pemilik, selai itu dana diperoleh juga dari kreditur.
  2. Dana yang dimiliki perusahaan dipergunakan untuk memiliki harta perusahaan.

Sehingga jelaslah bahwa seorang manajer keuangan bertanggung jawab akan:

  1. Keputusan Pembelanjaan.
    Yaitu keputusan yang harus diambil berkenaan dengan sumber dana yang dibutuhkan perusahaan
  2. Keputusan Investasi.
    Yaitu berkaitan dengan pengaturan penggunaan dana agar resiko usaha yang dihadapi seminimal mungkin.
  3. Keputusan Operasi.
    Yaitu bagaimana dana yang diperlukan dapat terpenuhi dan bagaimana dana tersebut dioperasikan untuk mencapai sasaran perusahaan.

Jadi untuk mengetahui darimana saja sumber keuangan perusahaan berasal dan untuk apa saja dana yang dipergunakan, kita bisa melihatnya dengan membandingkan neraca awal periode dengan neraca akhir periode.

Beri Tanggapan