Bagaimana Cara Mengkoordinasi Gerakan Kaki, Lengan dan Pernapasan Pada Renang Gaya Dada?

Bagaimana Cara Mengkoordinasi Gerakan Kaki, Lengan dan Pernapasan Renang Gaya Dada? – Berenang bermanfaat untuk membantu mempertahankan tekanan darah dan kolesterol seseorang, sehingga memastikan kesehatan bagi organ hati.

Berenang sempurna untuk orang-orang yang memiliki kesulitan melakukan kegiatan fisik berbasis menahan beban. Hal ini disebabkan karena berat badan Anda dalam air adalah sekitar  1 / 10 dari berat badan Anda di darat.

Cara Mengkoordinasi Gerakan Kaki, Lengan dan Pernapasan Pada Renang Gaya Dada

Gaya dada merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. Tapi dalam segi kecepatan, gaya ini merupakan gaya yang paling lambat.

Koordinasi gerakan keseluruhan renang gaya dada ialah koordinasi antara gerakan kaki, gerakan lengan dan gerakan pengambilan napas.

Berikut ini akan dikeluarkan serangkaian koordinasi gerakan renang gaya dada
  1. Kaki lurus ke belakang, lengan lurus ke depan, dengan telapak tangan miring keluar dan kepala kira-kira 80% masuk dalam air, kedua tangan kemudian dibuka ke samping selebar bahu.
  2. Kaki tetap lurus, kedua tangan mulai menarik. Jarak antara kedua tangan sudah lebih lebar dari bahu dan telapak tangan menghadap ke belakang. Napas dikeluarkan dan gelembung-gelembung udara keluar dari mulut hidung.
  3. Siku-siku mulai dibengkokkan dan lengan atas berputar, tangan menarik dengan kuat.
  4. telapak tangan mulai berputar ke dalam dan kepala mulai terangkat sedikit.
  5. Mangambil napas dilakukan pada saat tangan siap didorong ke depan
  6. Pengambilan napas telah selesai dan mulut sudah tertutup. Tangan mulai digerakan ke depan
  7. Leher dilemaskan untuk merendahkan kepala kedalam air kembali. Kaki ditarik ke pantat sedangkan lengan terus bergerak ke depan sebagai akibat diluruskannya siku-siku.
  8. Kepala terus menunduk karena pengendoran dari leher.
  9. Kaki ditendangkan ke belakang melingkar. Napas ditahan dan tidak akan mulai mengeluarkannya sampai tarikan tangan yang berikutnya dimulai.
  10. Lengan sudah lurus, perenang menyelesaikan tendangannya dan memusatkan perhatiannya pada keseimbangan badannya supaya terbentang lurus horizontal. Selanjutnya kembali dari sikap permulaan lagi.
Secara singkat, koordinasi kaki, tangan dan pernafasan:
  1. Gerakan kaki: tekuk, tendang dan rapatkan.
  2. Gerakan tangan: di luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan.
  3. Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
  4. Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas.
Cara bernapas pada saat berenang gaya dada
  1. Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas.
  2. Mangambil napas dilakukan pada saat tangan siap didorong ke depan.
  3. Udara dikeluarkan pada saat kapala berada di dalam air.

Beri Tanggapan