Jelaskan Pengaruh Relief Muka Bumi Terhadap Kondisi Tanah

Jelaskan Pengaruh Relief Muka Bumi Terhadap Kondisi Tanah – Tanah merupakan suatu benda alam yang tersusun dari padatan (bahan mineral dan bahan organik), cairan dan gas, yang menempati permukaan daratan, menempati ruang, yang dapat dibedakan dari bahan asalnya sebagai hasil dari suatu proses penambahan, kehilangan, pemindahan dan transformasi energi dan materi, atau berkemampuan mendukung tanaman berakar di dalam suatu lingkungan alam.

Relief atau Topografi adalah bentuk permukaan suatu satuan lahan yang dikelompokkan atau ditentukan berdasarkan perbedaan ketinggian (amplitudo) dari permukaan bumi (bidang datar) suatu bentuk bentang lahan (landform). Sedang Topografi secara kualitatif adalah bentuk bentang lahan (landform) dan secara kuantitatif dinyatakan dalam satuan kelas lereng (% atau derajat), arah lerang, panjang lereng bentuk lereng.

Pengaruh Relief Muka Bumi Terhadap Kondisi Tanah

Topografi alam dapat mempercepat atau memperlambat kegiatan iklim. Pada tanah datar kecepatan pengaliran air lebih kecil daripada tanah yang berombak. Topografi miring mepergiat berbagai proses erosi air, sehingga membatasi kedalaman solum tanah. Sebaliknya genangan air didataran, dalam waktu lama atau sepanjang tahun, pengaruh ilklim nibsi tidak begitu nampak dalam perkembangan tanah.

Keadaan relief suatu daerah akan mempengaruhi:
  1. Tebal atau tipisnya lapisan tanah, daerah yang memiliki topografi miring dan berbukit lapisan tanahnya lebih tipis karena tererosi, sedangkan daerah yang datar lapisan tanahnya tebal karena terjadi sedimentasi.
  2. Sistem drainase atau pengaliran, daerah yang drainasenya jelek seperti sering tergenang menyebabkan tanahnya menjadi asam.
Topografi mempengaruhi Proses Pembentukan Tanah dengan 4 Cara :
  1. Jumlah air hujan yang dapat meresap atau disimpan oleh massa tanah
  2. Kedalaman air tanah
  3. Besarnya erosi yang dapat terjadi
  4. Arah pergerakan air yg membawa bahan-bahan terlarut dari tempat yang tinggi ke tempat yang renda
Relief atau topografi adalah merupakan faktor pembentuk dan pengubah sifat dan jenis tanah yang pengaruhnya dapat dibedakan sebagai berikut :
Pengaruh relief atau topografi secara langsung terhadap pelapukan adalah pada :
  1. Posisi singkapan batuan (out crops) terhadap matahari
  2. Posisi permukaan tanah terhadap penyinaran dan curah hujan
Sehingga dengan demikian komponen relief dan topografi yang menimbulkan efek terhadap pembentukan tanah adalah :
  1. Beda tinggi permukaan lahan (amplitude)
  2. Bentuk permukaan lahan
  3. Derajat kelerengan
  4. Panjang lereng
  5. Arah lereng
  6. Bentuk punggung lereng
Semua komponen relief atau topografi tersebut bersama elemen iklim secara tak langsung berkorelasi terhadap:
  1. Pelapukan fisik dan kimiawi batuan
  2. Transportasi (erosi) bahan terlapuk di permukaan tanah
  3. Translokasi (pemindahaan secara gravitasi) atau eluviasi dan podsolisasi
  4. Deposisi dan sedimentasi atau illuviasi (penimbunan)
Dengan demikian efek langsung relief dan topografi terhadap tanah adalah pada :
  1. Tebal daging ( solum) tanah; solum tanah pada daerah lembah dan dataran akan lebih tebal dibandingkan solum tanah yang terdapat di puncak bukit atau lereng terjal.
  2. Drainase tanah; tanah di daerah lembah atau cekungan akan lebih jelek atau lambat dan sebaliknya untuk daerah-daerah berlereng lebih cepat atau baik.
  3. Satuan tanah; jenis tanah yang perbedaannya ditentukan oleh regim kelembaban dan kelas drainase serta penciri oksida reduksi, sangat dipengaruhi oleh relief atau topografi
  4. Tingkat erodibilitas tanah; Semakin besar selisih tinggi, derajat kelerengan, dan panjang lereng maka semakin besar tingkat erodilitas tanah .

Ada 1 TANGGAPAN untuk “Jelaskan Pengaruh Relief Muka Bumi Terhadap Kondisi Tanah

Beri Tanggapan