Uraikan Tentang Treasury Bills Sebagai Salah Satu Instrumen dalam Pasar Uang!

Uraikan Tentang Treasury Bills Sebagai Salah Satu Instrumen dalam Pasar Uang! – Pasar uang adalah keseluruhan permintaan dan penawaran dana-dana atau surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun dan dapat disalurkan melalui lembaga-lembaga perbankan.

Pasar uang sering juga disebut pasar kredit jangka pendek. Pasar uang juga suatu tempat pertemuan abstrak dimana para pemilik dana jangka pendek dapat menawarkan kepada calon pemakai yang membutuhkannya, baik secara langsung maupun melalui perantara.

Treasury Bills merupakan instrumen pasar uang yang diterbitkan oleh bank sentral dalam jangka waktu paling lama satu tahun. Penerbitan treasury bills oleh bank sentral ini biasanya atas unjuk dengan nominal tertentu. Treasury Bills ini diterbitkan di luar negeri.

Instrumen yg sangat aman karena diterbitkan oleh pemerintah atau biasanya oleh Bank Sentral. Oleh karena itu instrumen ini sangat mudah diperjualbelikan dan disukai oleh perusahaan-perusahaan, terutama oleh lembaga-lembaga keuangan untuk dijadikan sebagai cadangan likuiditas sekuner yg memberikan hasil.

T-Bills (istilah umum digunakan di dunia internasional) kalau di Indonesia adalah SBI (Sertifikat Bank Indonesia).

Beri Tanggapan