Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup adalah sesuatu yang tumbuh dan berkembang yang memanfaatkan energi dari lingkungannya yang merubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya yang kompleks dan terorgansir dengan baik, yang beradaptasi dengan lingkungannya, merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostatis dan juga bereproduksi.

Dalam menjalankan fungsinya, Makhluk hidup selain mengadakan metabolisme, juga mengadakan gerak dan pertumbuhan. Makhluk hidup juga secara kompleks terorganisir, baik pada tingkat molekuler dan seluler. Pada organisme multiseluler, sel-sel tersebut akan disusun dalam jaringan, dan jaringan tersebut akan disusun dalam organ.

Sesuatu dapat disebut sebagai makhluk hidup apabila memenuhi ciri-ciri kehidupan (ciri-ciri makhluk hidup), yaitu: Respirasi (Bernapas), Iritabilitas, Reproduksi, Tumbuh dan Berkembang, Membutuhkan Makanan dan Air, Beradaptasi, dan Ekskresi.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

A. Respirasi (Bernapas)

Merupakan proses mengambil oksigen (O2) dari lingkungan dan menggunakannya untuk reaksi pembakaran guna memperoleh energi, serta membuang sisanya berupa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) ke lingkungan.

B. Iritabilitas

Merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang, baik dari luar maupun dari dalam tubuhnya.

C. Reproduksi

Kemampuan makhluk hidup menurunkan individu-individu baru untuk melestarikan jenisnya. Makhluk hidup berkembang biak secara vegetatif (tidak kawin) maupun generatif (kawin).

D. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan (pertambahan ukuran) dan perkembangan (pematangan fungsi organ tubuh) dalam prjalanan hidupnya sampai jangka waktu tertentu, dan kemudian mengalami kematian pada usia tertentu pula.

E. Membutuhkan Makanan dan Air

Makhluk hidup memenuhi kebutuhan makanannya, baik dengan memproduksi makanannya sendiri (autotrof) ataupun mengambil dari organisme lain (heterotrof).

F. Beradaptasi

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam rangka untuk mempertahankan kelestarian jenisnya agar tidak punah.

G. Ekskresi

Yakni, membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh (yang biasanya bersifat racun bagi tubuh).

Beri Tanggapan