Keselamatan Kerja dalam Laboratorium

Ruangan laboratorium yang memenuhi standar adalah salah satu faktor untuk menghindari kecelakaan kerja. Syarat tersebut meliputi kondisi ruangan, susunan ruangan, kelengkapan peralatan keselamatan, nomor telepon penting (pemadam kebakaran, petugas medis), dan lain-lain.

Ruangan laboratorium harus ditata dengan rapi. Penempatan bahan kimia dan peralatan percobaan harus ditata dengan rapi supaya memudahkan untuk mencarinya. Bila perlu, berikan denah dan panduan penempatan bahan kimia di raknya supaya semakin memudahkan untuk mencari bahan kimia tertentu.

Laboratorium harus memiliki jalur evakuasi yang baik. Laboratorium setidaknya memiliki dua pintu keluar dengan jarak yang cukup jauh. Bahan kimia yang berbahaya harus ditempatkan di rak khusus dan pisahkan dua bahan kimia yang dapat menimbulkan ledakan bila bereaksi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam keselamatan kerja di laboratorium yaitu:

  • Hindari bahan-bahan yang berbahaya dan jangan menggunakannya tanpa pengawasan.
  • Gunakan alat-alat yang dianjurkan saat berada di dalam laboratorium, seperti sarung tangan, jaket laboratorium, masker, dan lain-lain.
  • Mematuhi tata tertib dan aturan keselamatan kerja di laboratorium.
  • Jangan melakukan eksperimen sebelum mengetahui informasi mengenai bahaya bahan kimia, alat-alat, dan cara pemakaiannya.
  • Mengenali semua jenis peralatan keselamatan kerja dan letaknya untuk memudahkan pertolongan saat terjadi kecelakaan kerja.

Beri Tanggapan