Berilah Contoh Teks Anekdot Beserta Kaidah Kebahasaaanya!

Berilah Contoh Teks Anekdot Beserta Kaidah Kebahasaaanya! Anekdot ialah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik yang menggambarkan mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot merupakan cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Kaidah Teks Anekdot

  • Menggunakan waktu yang lampau.
  • Menggunakan pernyataan yang rotoris.
  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi.
  • Menggunakan kata kerja.
  • Menggunakan kalimat perintah.
  • Menggunakan kalimat seru.

Contoh teks anekdot dengan Judul “Tukang Roti”

Suatu hari ada tukang roti lewat, terus teman gue congli manggil, lalu tukang roti itu pun nyamperin kami yang lagi duduk-duduk santai di taman depan rumah.
Congli : “Roti apa aja yang ada, bang?”
Tukang Roti : “Macam-macam, dek.”
Congli : “Yang ini roti rasa apa bang?”
Tukang Roti : “Yang ini nanas.”
Congli : “Kalo yang ini?”
Tukang Roti : “Ini mah kelapa dek.”
Congli : “Kalo yang ini roti rasa apa bang?”
Tukang Roti : “Kalo yang ini rasa srikaya dek.”
Congli : “Terus, rotinya yang mana bang? Dari tadi kok sebutin buah-buahan melulu, emangnya abang jual buah apa roti? Kalo kayak gini gue gak jadi beli deh.
Tukang Roti : “
Seketika itu tukang roti pun mendadak pingsan.

Bagian-bagian struktur dari teks diatas (Tukang Roti) adalah :

Abstraksi : Suatu hari ada tukang roti lewat
Orientasi : Temen gue congli manggil
Krisis : Terus rotinya mana bang? Dari tadi kok sebutin buah-buahan melulu, emangnya abang jual buah apa roti? Kalo kayak gini gue gak jadi beli deh.
Reaksi : Tukang roti pun pingsan
Koda : Seketika itu tukang roti pun mendadak pingsan

Beri Tanggapan