Pengertian Karya Sastra dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Karya Sastra

Karya sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran kehidupan, yang dapat membangkitkan pesona dengan alat bahasa dan dilukiskan dalam bentuk tulisan.

Pada dasarnya, karya sastra sangat bermanfaat bagi kehidupan, karena karya sastra dapat memberi kesadaran kepada pembaca tentang kebenaran-kebenaran hidup, walaupun dilukiskan dalam bentuk fiksi. Karya sastra dapat memberikan kegembiraan dan kepuasan batin.

Unsur-Unsur Karya Sastra 

Unsur-unsur karya sastra terdiri dari Intrinsik dan Ekstrinsik. Intrinsik terdiri dari tema, diksi, alur, tokoh, latar, sudut pandang dan amanat. Sedangkan Ekstrinsik terdiri dari daftar riwayat hidup pengarang, latar sosial masyarakatnya, atau kehidupan sipengarang tersebut.

A. Intrinsik

Intrinsik adalah unsur karya sastra yang mendukung dari dalam (intern) sebuah karya sastra tersebut. Yang terdiri atas:

1. Tema

Sebuah inti atau pokok pikiran pengarang ke dalam karya sastra tersebut.

2. Diksi

Bahasa yang digunakan merupakan diksi atau pilihan kata yang tepat, indah, dan mudah dipahami tanpa meninggalkan kesan kata berkonotasi.

3. Alur

Alur atau plot adalah hubungan cerita dari awal sampai akhir secara runtut sehingga menimbulkan cerita yang runtut. Alur bisa berupa maju, mundur, atau maju mundur.

4. Tokoh

Penokohan adalah karakteristik watak pelaku dalam cerita tersebut.

5. Latar

Latar atau setting adalah tempat terjadinya peristiwa tersebut di ceritakan.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang atau biasa disebut juga point of view adalah cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya dalam suatu cerita. Sudut pandang hanya terbagi dua, yaitu sudut pandang orang pertama dan kedua.

7. Amanat

Amanat merupakan pesan yang akan disampaikan pengarang lewat sebuah penceritaan tersebut. Biasanya menggunakan bahasa yang tersirat atau tersembunyi.

B. Ekstrinsik

Ekstrinsik adalah unsur karya sastra yang mendukung dari luar (ekstern) sebuah karya sastra tersebut. Unsur ekstrinsik tersebut , seperti daftar riwayat hidup pengarang, latar sosial masyarakatnya, atau kehidupan sipengarang tersebut.

Beri Tanggapan