Apa Saja Kerjasama Negara Asia Tenggara dalam Bidang IPTEK!

Apa Saja Kerjasama Negara Asia Tenggara dalam Bidang IPTEK! –  ASEAN merupakan sebuah wadah atau perkumpulan, perhimpunan,organisasi besar yang terdiri dari negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN memiliki fungsi atau peran serta yang penting dalam menjaga kerhamonisan dan kesetabilan negara – negara yang menjadi anggota ASEAN tersebut.

Lima Negarawan Asia Tenggara menandatangani sebuah deklarasi pembentukan perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of shoutheast Asian nations ( ASEAN ).

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, ibu kota negara Thailand yang diprakarsai oleh lima Menteri Luar Negeri berikut ini.

  1. Indonesia : Adam Malik
  2. Malaysia : Tun Abdul Razak
  3. Thailand : Thanat Khoman
  4. Filipina : Narcisco Ramos
  5. Singapura : S. Rajaratnam

Kelima negara itulah yang mendirikan ASEAN. Terbentuknya ASEAN ditandai dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok. Organisasi ASEAN pada awalnya menghindari kerja sama dalam bidang militer dan politik.

Kerjasama ASEAN di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain meliputi :

  1. BIOTROP (Regional Centre for Tropical Biology) atau pusat penelitian untuk biologi di Bogor
  2. RECSAM (Regional Centre for iducation Science Mathematic), atau pusat penelitian pendidikan ilmu pengetahuan, Matematika di Pinang Malaysia.
  3. RELC (Regional English Lenguage Center) atau pusat Pendidikan Bahasa Inggris di Singapura.
  4. SEARCA (Regional Centre of Graduate Study and Reaseach in Agricultural) atau Lembaga Penelitian dan pengkajian Pertanian di Los Banos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *