Jelaskan Dengan Singkat Mengenai Keuntungan Penyelenggaraan Akuntansi Bagi Pihak Ekstern Perusahaan!

Jelaskan dengan Singkat Mengenai Keuntungan Penyelenggaraan Akuntansi Bagi Pihak Ekstern Perusahaan! – Akuntansi dimulai sejak manusia mengenal uang sebagai alat pembayaran dan membuat catatan. Pada awal abad XV muncul naskah – naskah mengenai pelajaran akuntansi di Italia dengan menggunakan angka – angka Arab.

Dan pada akhir abad XV terbit buku yang pertama di Italia, hasil karya seorang Venesia, bernama Lucas Paciolo yang berjudul “Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita”. Buku tersebut membahas tentang akuntansi, dan menjadi tonggak sejarah di bidang akuntansi.

Menurut American Accounting Association, akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi, yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Keuntungan Penyelenggaraan Akuntansi Bagi Pihak Ekstern Perusahaan

Akuntansi digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan ekonomi bagi pihak yang memerlukan. Setiap perusahaan akan memiliki keterkaitan dengan pihak luar (ekstern).

Misalnya saja dengan pihak yang ingin investasi ke perusahaan, atau pihak pemberi pinjaman seperti bank tentu ingin melihat laporan keuangan yang dimiliki perusahaan.

Disinilah fungsi laporan keuangan sebagai pertimbangan. Sedangkan untuk fungsi pertanggung jawaban adalah misalnya pada pihak pajak yang membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung pajak perusahaan.

Perusahaan dan berbagai lembaga yang berada dibawah kekuasaannya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya. Informasi tersebut digunakan untuk menentukan aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *