Tuliskan Hal-Hal yang Terdapat Pada Pembukaan Pidato!

Tuliskan Hal-Hal yang Terdapat Pada Pembukaan Pidato! – Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya, di antaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh presiden. Agar pidato yang dilakukan berjalan lancar, hendaknya kita menyusun naskah pidato terlebih dahulu

Saat hendak melakukan pidato, pembukaan yang menjanjikan dan kuat adalah salah satu kunci kesuksesan pidato tersebut. Lalu, bagaimanakah cara menyampaikan pembukaan yang bisa menarik audiens?

Perlu dicatat, tidak perlu menyapa semua orang. Cukup satu, dua, atau tiga sapaan pun sudah cukup. Jika terlalu banyak, rasa bosan bisa menyelimuti audiens Anda. Pembuka yang menyenangkan inilah yang mendukung kelancaran berpidato sehingga tujuan pidato mudah dicapai.

Hal-Hal yang Terdapat Pada Pembukaan Pidato, diantaranya sebagai berikut:

1) Mengucapkan rasa syukur

2) Menceritakan pengalaman

3) Menebar humor

4) Memperkenalkan diri

5) Menyampaikan gambaran umum

6) Menyebutkan fakta pendengar

7) Menyebutkan contoh nyata

8) Menyampaikan kutipan

9) Melibatkan peserta

10) Menunjukan benda peraga

Pengembangan teks pidato dilakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah pada kerangka karangan menjadi kalimat-kalimat ke paragraf-paragraf. Teks pidato pun disusun dengan memerhatikan kaidah penulisan, penggunaan tanda baca, dan pilihan kata.

Namun, sebelum mengembangkan kerangka naskah pidato, sebaiknya orang yang akan berpidato menentukan tujuan berpidato dan menganalisis pendengar agar pidato yang disampaikan menjadi efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *