Bagaimana Upaya Kertanegara Untuk Mempertahankan Kerajaan Singasari?

Bagaimana Upaya Kertanegara Untuk Mempertahankan Kerajaan Singasari? Raja Kertanegara (1268-1292 M) merupakan raja terkemuka dan raja terakhir dari Kerajaan Singasari. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Singasari mencapai masa kejayaannya.

Stabilitas kerajaan yang diwujudkan pada masa pemerintahan Raja Wisnuwardhana disempurnakan lagi dengan tindakan-tindakan yang tegas dan berani.

Setelah keadaaan Jawa Timur dianggap baik, Raja Kertanegara melangkah ke luar Jawa Timur untuk mewujudkan cita-cita persatuan seluruh Nusantara di bawah panji Kerajaan Singasari.

Politik dalam negeri

Dalam rangka mewujudkan Stabilitas politik Kerajaan Singasari, Raja Kertanegara menempuh jalan sebagai berikut.

  • Mengadakan pergeseran pembantu-pembantunya seperti Mahapatih Raganata digantikan oleh Aragani. Raganata diangkat menjadi Adhiyaksa di Tumapel. Juga banyak Wide yang berasal dari rakyat biasa diangkat menjadi pegawai tinggi dengan gelar Aryawiraraja dan diangkat menjadi bupati Sumenep (Madura).
  • Berbuat baik terhadap lawan-lawan politiknya, yaitu dengan mengangkat putra Jayakatwang raja Kadiri yang bernama Ardharaja diambil jadi manantu. Serta Raden Wijaya selaku cucu Mahesa Campaka dijadikan menantu pula.
  • Memperkuat angkatan perang untuk menciptkan keamanan dan ketertiban didalam negeri dan mewujudkan persatuan nusantara

Politik luar negeri

Sebagai raja besar Kertanegara bercita-cita mempersatukan seluruh wilayah nusantara di bawah panji Singasari. Untuk memenuhi ambisinya Kertanegara menempuh cara-cara sebagai berikut:

  • Melaksanakan Ekspedisi Pamalayu ( 1275 dan 1286 M ) untuk menguasai kerajaan Melayu serta melemahkan posisi Sriwijaya di selat Malaka
  • Meguasai Bali ( 1284 M )
  • Menguasai Jawa Barat ( 1289 M )
  • Menguasai Pahang ( Malaya ) dan tanjung pura ( Kalimantan )

Walaupun Singasari memperkuat tentaranya, pasukan Cina-Mongol berhasil menerobos pertahanan Singasari dan mendarat di pulau Jawa. Di dalam negeri Kertanegara mendapat serangan dari raja Jayakatwang dari Kediri. Akibat serangan tersebut Kertanegara meninggal dan Kerajaan Singasari mengalami kemunduran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *