Apa Pengaruhnya Organisasi Budi Utomo Bagi Bangsa Indonesia?

Apa Pengaruhnya Organisasi Budi Utomo Bagi Bangsa Indonesia? Budi Utomo merupakan sebuah organisasi pelajar yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten) yaitu Goenawan, Dr.Cipto Mangoenkeosoemo dan Soeraji seta R.T Ario Tirtokusumo.

Berdirinya Budi Utomo tak bisa lepas dari peran Dr. Wahidin Sudirohusodo. Walaupun bukan pendiri Budi Utomo, namun beliaulah yang telah menginspirasi Dr.Sutomo dan kawan-kawan untuk mendirikan organisasi pergerakan nasional ini.

Dr.Wahidin Sudirohusodo sendiri adalah seorang alumni STOVIA yang sering berkeliling di kota-kota besar di Pulau Jawa untuk mengkampanyekan gagasannya mengenai bantuan dana bagi pelajar-pelajar pribumi berprestasi yang tidak mampu melanjutkan sekolah.

Pengaruh Organisasi Budi Utomo Bagi Bangsa Indonesia

Kehadiran Budi Utomo di Indonesia mengundang reaksi yang baik. Budi Utomo dianggap sebagai tanda keberhasilan politik ethis yang menghendakaki adanya suatu organisasi pribumi yang progresif-moderat yang dikendalikan oleh para pejabat yang maju.

Budi Utomo menempuh cara dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada waktu itu sehingga wajar jika Budi Utomo berorientasi pada kultural. Tindakan yang tepat ini berarti Budi Utomo tanggap terhadap politik kolonial yang sedang berlaku.

Budi utomo sebagai organisasi pelajar yang baru muncul ini, secara samar-samar merumuskan tujuannya untuk kemajuan Hindia, dimana yang jangkauan gerak semulanya hanya terbatas pada Pulau Jawa dan Madura yang kemudian diperluas untuk penduduk Hindia seluruhnya dengan tidak memperhatikan perbedaan keturunan, jenis kelamin dan agama.

Tujuan yang hendak dicapai dari pendirian organisasi Budi Utomo tersebut antara lain:

  • Memajukan pengajaran.
  • Memajukan pertanian, peternakan dan perdagangan.
  • Memajukan teknik dan industri.
  • Menghidupkan kembali kebudayaan.

Kongres Budi Utomo yang pertama berhasil diselenggarakan pada tanggal 5 Oktober 1908 di Yogyakarta. Dalam kongres dihasilkan beberapa keputusan penting, seperti:

  1. Merumuskan tujuan utama Budi Utomo, yaitu kemajuan yang selaras untuk negara dan bangsa, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, perdagangan, teknik dan industri, ilmu pengetahuan dan seni budaya bangsa Indonesia.
  2. Kedudukan pusat perkumpulan berada di Yogyakarta.
  3. Menyusun kepengurusan dengan Ketua R.T. Tirtokusumo, Bupati Karanganyar (Jawa Tengah).
  4. Kegiatan Budi Utomo terutama ditujukan pada bidang pendidikan dan kebudayaan.
  5. Wilayah gerakannya difokuskan di Jawa dan Madura.
  6. BU tidak ikut mengadakan kegiatan politik.Penyerahan pimpinan pusat organisasi oleh Sutomo kepada kaum tua mempunyai tujuan strategis berikut:
    • Menghargai kaum tua yang lebih berpengalaman.
    • Mengajak kaum tua untuk ikut memikirkan dan memajukan pendidikan rakyat lewat Budi Utomo.
    • Sutomo dan kawan-kawannya masih harus menyelesaikan pendidikannya lebih dahulu di STOVIA, Jakarta.

Ada 1 TANGGAPAN untuk “Apa Pengaruhnya Organisasi Budi Utomo Bagi Bangsa Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *