Dimanakah Daerah Hutan Tropis di Asia Tenggara?

Pengertian Hutan Tropis

Hutan Tropis adalah hutan alam yang terletak di antara garis 23° Lintang Utara dan 23° Lintang Selatan, berada pada daerah iklim tropis.

Hutan Tropis terdapat di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Australia bagian Utara, sebagian besar wilayah Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Luas dari daerah tropis mencakup 30% dari keseluruhan wilayah di permukaan bumi.

Hutan hujan tropis merupakan salah satu vegetasi tertua dunia yang sudah ada sejak zaman Devon (350 juta tahun yang lalu), memiliki kekayaan hayati yang sangat beragam dan menjadi rumah bagi sebagian besar hewan darat terutama hewan endemik dan langka.

Daerah Hutan Tropis di Asia Tenggara

Hutan hujan tropis terbesar ketiga dunia terletak di semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia terletak hampir di setiap pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi atau disebut juga Sunda Besar (sundaland). Selain itu ditemukan juga di wilayah Filipina.

Di bagian semenanjung, hutan hujan tropis meliputi wilayah Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar dan Thailand. Sebagian kecil lagi ditemukan di Cina bagian Selatan dan Taiwan. Kemudian terdapat juga Asia Selatan, mulai dari Srilangka, India dan Pakistan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *