Macam-Macam Organ Pada manusia

Organ merupakan bagian tubuh yang memiliki satu atau lebih fungsi tertentu dan tersusun atas beberapa jenis jaringan. Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus yang dimainkan dalam tubuh manusia. Setiap organ tubuh memiliki fungsi penting untuk dimainkan. Organ juga bekerja sama secara erat untuk membentuk sistem organ, seperti sistem pencernaan atau sistem peredaran darah.

Beberapa organ, antara lain:

1. Otak

Otak manusia melakukan fungsi seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan berpikir abstrak yang membuat manusia adalah spesies paling cerdas di bumi. Otak ini dilindungi oleh tengkorak dan tertutup dalam tempurung kepala yang menjaganya agar tetap sangat aman, karena merupakan pusat sistem saraf. Otak membantu tubuh mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menanggapi rangsangan eksternal.

2. Paru-paru

Berfungsi sebagai alat pernapasan. Paru-paru terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf. Paru-paru bekerja sangat erat dengan jantung, dan memberikan udara oksigen murni untuk darah yang diedarkan oleh jantung ke berbagai organ tubuh. Paru-paru juga membuang karbon dioksida dan kotoran lainnya dari vena darah, selain itu, paru-paru juga menjaga tingkat pH darah.

3. Jantung

Berfungsi memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh. Jantung terbentuk dari jaringan otot jantung, jaringan pengikat, dan jaringan saraf. Jantung terletak di sisi kiri dada dan dilindungi oleh tulang rusuk yang beratnya 250-350 gram dan hampir seukuran kepalan tangan.

4. Hati

Berfungsi sebagai tempat menetralkan racun yang terbentuk dalam tubuh. Hati terbentuk dari jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan saraf. Hati terletak di sisi kanan rongga perut. Selain fungsi di atas, hati juga mempunyai beberapa fungsi penting meliputi penyaringan zat berbahaya dari darah, menjaga kadar kolesterol dan glukosa dalam darah, mensekresi asam amino tertentu, menyimpan vitamin dan mineral, bahan kimia mensekresi yang memecah lemak, dan mengkonversi glukosa menjadi glikogen.

5. Lambung

Merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan. Lambung terbentuk dari jaringan epitel, jaringan otot polos, dan jaringan pengikat. Lambung adalah organ berbentuk buah pir yang terletak di rongga perut antara kerongkongan dan usus. Lambung mengeluarkan asam lambung, asam klorida, dan menjaga tingkat pH, yang membantu dalam pencernaan kelancaran makanan yang dimakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *