Pengertian Sel dan Bagian-Bagiannya

Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil dari makhluk hidup. Satuan terkecil itu meliputi satuan sruktural dan fungsional. Sel sebagai penyusun makhluk hidup dan melaksanakan semua fungsi kehidupan.

Sel berasal dari kata cella yang memiliki arti sekumpulan partikel-partikel yang berukuran kecil dan membentuk suatu kesatuan terkecil dari makhluk hidup agar dapat melaksanakan suatu kehidupan.

Selama pertumbuhan, sel akan berubah seiring dengan perkembangannya baik dari bentuk maupun strukturnya untuk menyesuaikan dengan fungsinya.

Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu sel prokariotik (tidak memiliki membran) dan sel eukariotik (memiliki membran).

Sel, antara lain tersusun atas:

1. Dinding sel

Dinding sel tersusun atas ligin, pektin, dan selulosa. Berfungsi untuk melindungi dan menguatkan sel.

2. Membran sel

Membran sel, tersusun atas dua lapis lemak (fosfolipid) dan molukel protein (lipoprotein). Berfungsi untuk menjaga stabilitas kondisi sel dari lingkungan eksternal.

3. Sitoplasma

Sitoplasmamerupakan cairan yang terdapat pada sel. Berfungsi sebagai media untuk reaksi-reaksi kimiawai seperti sintesis protein, respirasi, dan lain-lain.

4. Organel – organel sel

Organel-organel sel adalah organ terkecil di dalam sel yang memiliki struktur khusus dengan membran pemisah terhadap matriks di sekitarnya. tersusun atas nukleus, mitokonria, retikulum endoplasma, Lisosom, Ribosom, Badan golgi, Sentrosom, Vakuola, Plastida, dan Kloroplas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *